Tips Menyetrika Pakaian yang Mudah

Tips Menyetrika Pakaian yang Mudah

Menyetrika membuat pakaian lebih rapi, kencang dan meningkatkan rasa percaya diri ketika memakainya. Malu kan kalau pergi ke tempat ramai dengan pakaian lecek?

Nah…
Jangan malas menyetrika ya!!

Apalagi anda yang masih remaja, menggunakan pakaian bersih, wangi dan rapi membuat penampilan lebih enak dilihat dan anti minder.
Siap beraktivitas apapun.

Tips menyetrika

Setelah pakaian dicuci dan kering, sekarang tiba saatnya menyetrika. Sebelum itu, perhatikan dulu yuk tips-tips ringan saat menyetrika.

1 Cari tempat yang nyaman

Pastikan anda nyaman dengan posisi menyetrika, apakah duduk atau berdiri. Silahkan eksplor ruangan yang ada, kira-kira dimana posisi yang enak.

Beberapa orang senang duduk di lantai, ada yang memilih berdiri menggosok pakaian di atas meja atau menggunakan bantalan khusus untuk setrika.
Pastikan posisi yang paling nyaman.

2 Siapkan peralatan

Ambil peralatan yang diperlukan, siapkan di dekat tempat setrika agar kita mudah mengambilnya. Kumpulkan semuanya agar tidak mengganggu pekerjaan.

Dekatkan juga pakaian yang disetrika agar mudah diambil dan meminimalisir pergerakan kesana kemari mengambil baju. Tujuannya untuk meningkatkan keefektifan bekerja. Semakin efektif semakin cepat selesai.

3 Gunakan setrika yang bagus

Setrika menjadi aktor pentingnya. Jika alatnya tidak berfungsi baik, kita tidak bisa bekerja maksimal. Hasilnya tidak bagus dan jauh dari memuaskan.

Pastikan setrikanya berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan sehingga kita bisa memakainya tanpa mengalami kendala.

4 Gunakan pelicin atau pewangi

Pelicin sekaligus pewangi pakaian sangat diperlukan. Permukaan kain lebih licin dan gampang disetrika. Tidak memakan waktu lama seperti biasanya.

Biasanya pelicin sudah mengandung wewangian yang membuat pakaian semakin harum. Ketika dipakai, baunya enak dan membuat kita nyaman.

5 Gunakan suhu yang tepat

Sesuaikan suhu dengan bahan pakaiannya, apakah tipis atau tebal. Jangan gunakan suhu tinggi untuk pakaian tipis seperti kemeja sekolah dan kantor.
Jika terlalu panas, baju bisa rusak bahkan berlubang.

Kalau pakaian tebal semacam jeans, bisa menggunakan suhu lebih tinggi agar mudah mendapatkan kekencangan yang diinginkan.

Sesuaikan panasnya agar tidak merusak pakaian tersayang. Setrika sekarang sudah dilengkapi pengatur panas yang memudahkan kita berpindah dari suhu rendah ke lebih tinggi atau sebaliknya.

6 Dudukkan setrika ketika tidak dipakai

Posisi setrika ketika menuntaskan satu pakaian dan beralih ke yang berikutnya harus diperhatikan. Jangan diletakkan seenaknya.

Dudukkan setrika seperti gambar di atas jika tidak dipakai.

Tujuannya apa?
Menghindari alas kain menyetrika terkena panas berlebih yang bisa menyebabkan alas rusak ataupun bolong jika setrika diletakkan tertidur.
Dan pastikan ketika menaruh setrika jauhkan dari bagian tubuh agar tidak tersenggol.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba ketika menyetrika pakaian di rumah. Semoga membantu dan semangat yang menyetrikanya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.