Melihat Peran Teknologi Dalam Fashion yang Banyak Mengubah Perjalanan Industri Ini

Melihat Peran Teknologi Dalam Fashion yang Banyak Mengubah Perjalanan Industri Ini

Teknologi benar-benar masuk ke segala bidang. Tidak hanya rumah tangga, industri pun tidak luput dari pengaruhnya. Kita sering mendengar kalau perusahaan rela mengucurkan dana besar-besaran ber-investasi di bidang ini.

Untuk apa?
Tentu saja agar produktivitas meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan pasar yang semakin haus dengan produk baru.

Pengaruh teknologi di industri fashion

Sentuhan teknologi di industri fashion terasa dari tahap perencanaan, produksi, pembelian sampai ke pengiriman.

Kita mulai dari tahap perencanaan.

  • Di mulai dari tahap penggalian ide, catatan ditulis dalam aplikasi smartphone, tablet atau komputer
  • Proses pembuatan desain sudah menggunakan software yang jauh lebih cepat, mudah dan ukurannya tepat. Sangat jauh berbeda dengan dulu yang harus menggambar manual dan melelahkan.
  • Dengan software 3D, kita bisa melihat visual desain-nya saat menjadi end-product. Jika disetujui, bisa lanjut ke proses produksi

Proses produksi.

  • Untuk skala kecil, mesin jahit listrik sangat mempercepat pekerjaan dan jauh lebih mudah dibanding mesin jahit konvensional yang masih mengandalkan goyangan kaki.
  • Produksi skala besar sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih. Proses pemotongan dan penjahitan menggunakan mesin otomatis yang mampu mengurangi kesalahan produksi karena tingkat presisinya yang luar biasa akurat.

Proses pembelian

  • Konsumen bisa membeli barang secara online lewat e-commerce ataupun website. Mereka memesan pakaian dari rumah tanpa perlu datang ke toko. Sungguh sangat memudahkan bukan?
  • Bagi penjual bisa membuat website untuk menjual produknya atau bergabung di e-commerce besar demi menjangkau lebih banyak pelanggan.

Proses pengiriman

  • Perkembangan teknologi transportasi baik darat, laut ataupun udara membuat pengiriman barang menjadi lebih cepat dan efisien.
  • Pengiriman ke luar negeri sudah dilayani pengiriman udara yang sangat mempersingkat waktu.
  • Pengiriman barang dalam jumlah besar di tanah air juga tersedia pada transportasi darat dan laut.
  • Kehadiran jasa transportasi memudahkan proses pengiriman bahan ataupun produk jadi ke konsumen.

Jadi, teknologi sangat mempengaruhi perkembangan dunia fashion. Pelaku usaha sangat dimudahkan berkat kehadiran berbagai macam alat yang mampu mempercepat usahanya dengan biaya minim sehingga meningkatkan margin keuntungan.

Secara umum, teknologi yang mengubah jalannya industri fashion antara lain:

  • Teknologi informasi.
    Di dalamnya ada komputer, smartphone, tablet dan jangan lupakan internet. Komputer digunakan untuk merancang desain pakaian. Sedangkan smartphone, tablet dan internet digunakan untuk memudahkan urusan jual beli.
  • Mesin-mesin canggih
    Mesin-mesin ini mampu mempercepat pekerjaan disertai otomatisasi yang membuat proses produksi jauh lebih efisien.
  • Transportasi
    Teknologi transportasi yang tersedia di darat, laut dan udara mampu memperlancar pengiriman ke tangan konsumen. Walaupun jaraknya jauh, via udara sangat mempersingkat waktu.

Teknologi menghadirkan bahan baru yang menarik

Kehadiran teknologi membuat manusia lebih kreatif menghasilkan bahan-bahan untuk pembuatan pakaian.
Jika dulunya bergantung pada bahan alami, sekarang perhatian dialihkan ke bahan sintetis hasil olahan pabrik.

Bahan ini lahir karena perkembangan teknologi yang didasari keinginan untuk menghasilkan bahan dengan karakteristik khusus.

Bahan sintetis adalah hasil pengembangan dari bahan kimia, bukan dari sumber alami, yang sering kali lebih murah, tahan lama dan punya sifat khusus tertentu.

Contoh bahan sintetis adalah:

  • Polyester
    Kain ini banyak digunakan sekarang. Polyester memiliki sifat tahan kerut, cepat kering, dan tidak mudah kusut.
  • Nylon
    Kain sintetis yang kuat, tahan abrasi, dan elastis. Nylon sering digunakan untuk pakaian olahraga dan pakaian luar.
  • Rayon:
    Kain semi-sintetis yang dibuat dari selulosa, bahan alami yang berasal dari kayu. Rayon memiliki sifat lembut, menyerap kelembaban, dan mudah diwarnai.
  • Acrylic
    Kain sintetis yang murah, tahan kerut, dan tidak mudah berbulu. Acrylic sering digunakan untuk membuat sweater dan kardigan.
  • Spandex
    Kain sintetis yang sangat elastis dan sering digunakan untuk membuat pakaian yang pas dan nyaman.

Kehadiran bahan-bahan non alami memberikan opsi bagi produsen pakaian untuk merancang produk khusus sesuai kebutuhan tertentu. Misalnya pakaian olahraga yang ringan dan cepat menyerap keringat, pakaian untuk kegiatan outdoor ataupun keperluan tertentu yang lain.

Tingkatkan “Brand” dengan media sosial

Akhirnya kita tiba di zaman dengan peradaban yang sangat baru dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Zaman saat internet merasuk kemana-mana.

Anda sebagai pemilik brand, bisa menggunakan kecanggihan teknologi ini untuk mempopulerkan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan baru.
Misalnya menggunakan media sosial.

Peran media sosial tidak hanya untuk individu, brand-brand besar secara masif menggarapnya. Mereka berharap bisa menjangkau lebih banyak follower dari berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.

Jika punya brand, media sosial jangan dilupakan ya.
Harus dikembangkan dengan baik sehingga brand lebih dikenal dan akhirnya mudah mendapatkan pelanggan.

Apasih keuntungan media sosial bagi brand?

  • Jangkauan luas
    Media sosial memungkinkan brand untuk menjangkau audiens yang sangat besar secara global. Jadi tidak terbatas di satu wilayah saja. Semakin banyak dikenal, semakin bagus peluang mendapatkan pelanggan baru yang akhirnya berimbas ke perkembangan bisnis.
  • Interaksi langsung
    Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan yang lebih personal. Calon pelanggan yang tertarik bisa mengirimkan pertanyaan dan itu adalah peluang. Anda harus sigap dan melayaninya dengan baik agar mereka mau membeli.
  • Meningkatkan brand awareness
    Dengan konten yang menarik dan relevan, brand dapat meningkatkan visibilitas dan kesadaran merk pada audiens. Tujuannya agar lebih dikenal dan melekat di pikiran banyak orang. Jadi ketika mereka butuh produk yang anda kembangkan, perhatian mereka langsung tertuju ke brand anda.
  • Meningkatkan engagement
    Interaksi yang tinggi dengan konten Anda menunjukkan bahwa audiens tertarik dan terlibat dengan brand Anda. Terus buat konten berkala agar pengikut tahu perkembangan terbaru dari brandnya.

Pengaruh teknologi sangat kental bagi dunia fashion

Penemuan teknologi baru benar-benar mengubah jalannya industri fashion global. Yang dulunya manual sekarang dikerjakan mesin canggih berskala besar.

Secara umum pengaruh teknologi di dunia fashion antara lain:

  • Hadirnya mesin baru nan canggih yang mampu berproduksi besar
  • Proses desain dengan komputer yang jauh lebih cepat dan mudah
  • Kemunculan internet yang memudahkan proses pemasaran, penjangkauan konsumen baru dan pengenalan brand berbiaya lebih murah.

Teknologi menawarkan cara baru berproduksi yang lebih efisien, hemat waktu dan tenaga serta hasil yang lebih bagus.

Inilah pengaruh teknologi bagi dunia fashion. Kita melihat bagaimana industri ini berubah drastis karena sentuhan teknologi.
Semuanya serba cepat disertai kapasitas lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.