Ayo Kenali Pesta yang Umum Dihadiri Anak SMA

Anak SMA memang disibukkan aktivitas belajar. Penjurusan sudah dimulai, mau menekuni bidang IPA atau IPS. Tugas, PR dan ulangan menjadi santapan sehari-hari. Belum ditambah les luar sekolah demi mendapatkan nilai bagus saat ujian.

Disela-sela aktivitas belajar, anak-anak remaja ini tidak lupa menikmati waktu bersama teman-temannya. Entah itu jalan-jalan, olahraga, ataupun nongkrong. Tetapi terkadang hadir acara undangan menghadiri suatu pesta. Pernah kan anda atau adik-adik yang masih SMA mendapatkan ajakan ini?

Terus, undangan atau pesta apasih yang sering dihadiri anak SMA?

Undangan Pesta

Ada beberapa pesta yang umum dihadiri anak SMA, entah undangan dari teman sekolah ataupun orang di dekat rumah. Berikut contohnya.

1) Ulang tahun

Biasanya bertepatan dengan sweet seventeen, perayaan 17 tahun. Beberapa murid memutuskan mengadakan pesta ini dan mengundang banyak temannya.

Ada yang acaranya santai dengan pakaian bebas ataupun menggunakan tema tertentu.

Jika mendapat undangan ulang tahun, bisa datang. Gunakan kesempatan ini untuk bertemu teman baru ataupun menikmati meriahnya pesta. Sekali-sekali perlu refreshing dan melarikan diri sejenak dari rutinitas belajar.

2) Pernikahan kakak teman

Ketika kakak teman atau sahabat menikah, anda bisa diundang menghadiri resepsi. Disana kita bisa menikmati berbagai sajian makanan.
Kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Selain makanan, biasanya ada sajian kesenian ataupun live music. Pastinya menjadi pengalaman berkesan bagi anda.

3) Acara perpisahan sekolah

Setelah menempuh ujian akhir sekolah, anak-anak kelas 12 biasanya mengadakan upacara perpisahan di sekolah. Tema dan susunan acaranya tergantung masing-masing panitia. Ada yang diadakan di aula sekolah ataupun tempat khusus event.

Bahkan di beberapa sekolah mengadakan “prom night” dengan kostum khusus dan baju pesta menawan.
Apakah di sekolah anda mengadakan acara serupa?

4) Perayaan keagamaan

Setiap daerah memiliki adat dan kebudayaan tertentu. Misalnya di daerah Bali, untuk anak remaja atau dewasa akan melakukan upacara mepandes atau potong gigi. Jika kebetulan teman melakukan upacara ini, anda bisa diundang.

Kostumnya tentu saja pakaian adat Bali.
Bagi pria menggunakan kamen/kain, udeng dan kemeja sedangkan wanita menggunakan kamen/kain dan kebaya.

Bagaimana dengan daerah anda, upacara adat apa yang umum dihadiri anak sma?

5) Syukuran

Syukuran banyak jenisnya, salah satunya saat menempati rumah baru. Misalnya ada teman yang pindah ke rumah barunya, anda bisa diundang.

Di sana dijamu makanan dan berbagai macam snack, pastinya menyenangkan. Kenakan pakaian yang sopan dan silahkan nikmati acara yang ada.

6) Pesta tahun baru

Acara ini hadir setiap tahun di penghujung bulan desember. Orang-orang sibuk dengan rencananya, menghabiskan waktu di hari terakhir tahun tersebut.

Dan tak jarang, mereka yang punya dana lebih, membuat pesta akhir tahun di rumah ataupun di tempat lain.Undangan bisa datang.

Misalnya ayah teman mengadakan jamuan tahun baru, anda sebagai teman sekolahnya bisa saja diundang. Mengikuti pesta sampai selesai. Tentu saja dijamu makanan dan beberapa minuman.

Kenakan pakaian yang pas

Setiap pesta membutuhkan pakaian tertentu, walau beberapa acara bisa menggunakan pakaian yang hampir serupa. Misalnya pesta ulang tahun, kenakan pakaian rapi dan sopan. Untuk pria menggunakan kemeja dan celana panjang. Sedangkan wanita bisa menggunakan dress.

Tetapi jika pesta ini mengharuskan kostum tertentu, mau tak mau harus menyiapkannya.

Acara syukuran dan keagamaan sebaiknya mengikuti adat setempat. Sangat baik jika kita ikut berbaur dengan warga lokal dan menghormati budayanya.

Agar tidak salah kostum, ada baiknya pastikan, apa pakaian yang dikenakan. Jika bebas, siapkan yang rapi dan sopan. Ketika harus memakai pakaian tertentu, usahakan cari beberapa hari sebelum hari H.

Manfaat menghadiri pesta

Saat undangan hadir, anda sebagai anak sekolahan patut bersyukur. Mengapa? Berarti si pengundang sangat menghargai anda. Ia ingin anda hadir demi memeriahkan acaranya sekaligus memberikan doa baginya.

Jika hadir, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh.
Misalnya :

  • Mendapatkan suasana baru jika baru pertama kali menghadiri pesta tertentu
  • Mendapatkan kenalan baru
  • Menambah relasi
  • Membuat teman yang punya acara senang, karena anda mau meluangkan waktu
  • Belajar bergaul, karena di sana banyak orang baru
  • Belajar adaptasi dengan suasana baru
  • Belajar memahami bagaimana suatu pesta berlangsung

Jadi…
Ketika ada undangan dari teman sekolah untuk datang ke pestanya, usahakan datang. Terlebih dia memberikan surat undangan, kedatangan anda sangat diharapkan.

Selain membuat si punya acara senang dengan kehadiran anda, banyak hal baru yang bisa dipelajari dan pastinya menjadi pengetahuan baru. Misalnya punya kenalan baru, bagaimana menghormati acara orang lain ataupun belajar adaptasi dengan suasana baru.

Apa yang harus dibawa?

Tentunya saat menghadiri pesta, kita perlu membawa buah tangan bagi teman. Apalagi teman dekat, pastinya anda tahu apa saja kesukaannya.

1) Hadiah

Misalnya menghadiri pesta ulang tahun sahabat, anda bisa membawakan hadiah untuknya. Kalau dia suku buku, bisa dibelikan novel atau bacaan yang dia suka. Terus jika dia suka sepakbola, bisa dibelikan jersey klub kesayangannya.

Banyak jenis hadiah yang bisa dipilih.

Atau kalau tidak tahu sama sekali apa yang dia suka, bisa membelikan baju kaos. Baju menjadi kebutuhan pokok yang selalu ia pakai.

2) Uang di amplop

Pesta pernikahan kakak teman memang lebih cocok memberikan uang. Gunakan amplop agar terlihat sopan dan pastinya membuat orang lain tidak tahu nominal di dalamnya.

Jika diundang rame-rame, bisa patungan.

Masukkan semua uang ke dalam amplop sehingga nominalnya lebih besar. Berangkatlah bersama-sama dan nikmati acara yang ada.

3) Makanan atau kue

Misalnya acara pesta tahun baru di rumah teman, anda bisa membawa makanan atau kue. Sajian ini bisa dinikmati bersama tamu lain.

Kue kering bisa dipilih, karena tahan lama dan masih bisa dinikmati di esok harinya. Tetapi jika ingin membawa kue jenis lain, bisa kok.
Buah tangan menjadi simbol ucapan terima kasih kepada teman karena sudah mengundang anda untuk datang.

Itulah beberapa jenis pesta yang sering dihadiri anak SMA beserta manfaat yang diperoleh jika hadir. Datang ke suatu pesta mampu memberikan banyak hal baru yang pastinya bermanfaat bagi kita nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.