Tetap Berpenghasilan Walau Menjadi Ibu Rumah Tangga

Tetap Berpenghasilan Walau Menjadi Ibu Rumah Tangga

Walau aktivitas utama kebanyakan di rumah, bukan berarti ibu rumah tangga tidak bisa memperoleh penghasilan. Banyak peluang usaha yang bisa dicoba.
Sembari mengurus keluarga, fulus pun mengalir.

Kesibukan sudah pecah dari pagi, mengurus anak sebelum berangkat sekolah, menyiapkan sarapan bahkan mengantar ke sekolah.
Sepulang ke rumah, tugas belum usai. Membersihkan ruangan, mencuci dan menyetrika pakaian masih menanti. Seakan tidak ada habisnya pekerjaan rumah tangga.

Masih bisa menghasilkan pemasukan

Walaupun pekerjaan terasa tidak ada habisnya, masih ada kok waktu-waktu senggang yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah.
Berkat internet, peluang kerja semakin menganga lebar. Banyak bidang yang bisa ibu garap dari rumah tanpa perlu meninggalkan keluarga.

Apa saja pekerjaan itu?

1 Blogger

Blogger pekerjaan utama mengelola blog. Blog bisa dibilang website, dimana kita bisa menulis apapun yang disukai tanpa ada batasan, halangan dan aturan berarti.
Apa yang disukai, tulis saja.

Ibu bisa menulis topik mengenai :

  • Keluarga
  • Makanan
  • Pendidikan
  • Mengurus anak
  • Liburan dan lainnya

Di waktu yang agak kosong, ibu bisa duduk di depan komputer, mulai mengolah ide menjadi tulisan yang bisa dibagikan kepada kawan-kawan lewat media sosial.

Semakin ramai tulisan dibaca, semakin banyaklah pengunjung blog.

Ketika pengunjung ramai, ibu bisa saja mendapatkan tawaran kerjasama iklan dari pihak lain, mendapatkan produk gratis untuk direview ataupun memasang iklan dari pihak ketiga.

Untuk blogging memang perlu proses, tidak bisa sekarang menulis langsung mendapatkan uang. Harus sabar dan konsisten, pasti akan berhasil nanti.

2 Vlogger

Pengguna internet semakin haus akan konten video, ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan lho bu. Jika mampu mengolah peluang ini, penghasilan bulanan mulai hadir.

Misalnya mulai dari :

  • Membuat video singkat memasak
  • Tutorial menata rumah
  • Life hack kegiatan di rumah
  • Tips dan trik memasak
  • Kiat parenting dan lainnya

Semakin rajin membuat video dan banyak yang menonton, peluang mendapatkan penghasilan dari iklan semakin besar. Tertarik bu?

3 Berjualan online

Sudah banyak kok ibu-ibu yang berhasil berjualan online. Promosi dilakukan lewat media sosial seperti facebook dan instagram.

Berjualan memang lebih menjanjikan, karena uangnya lebih cepat diperoleh. Ketika produk laku, kita sudah untung.

Tantangannya adalah bagaimana menjangkau lebih banyak konsumen. Semakin banyak konsumen, keuntungan semakin besar.
Barang-barang yang bisa dijual antara lain :

  • Pakaian
  • Tanaman hias
  • Alat memasak
  • Perlengkapan rumah tangga

Jika modalnya masih terbatas, bisa kerja sama dengan teman yang sudah lebih dulu berhasil. Kita tinggal promosi saja, kalau ada yang beli baru ambil barangnya dari teman.
Tidak perlu stok barang dan mengeluarkan modal besar.

4 Marketing freelance

Bagi ibu yang dulu pernah bekerja di bidang marketing namun sekarang harus di rumah, bisa kok menjadi marketing freelance. Bekerja dari rumah mencari calon nasabah.

Ketika mendapat costumer baru, ibu mendapatkan bonus sesuai perjanjian yang sudah disepakati.

Perburuan pelanggan baru bisa dilakukan lewat sosial media ataupun menanyakan referensi dari orang lain. Lumayan kan, bisa dapat uang tanpa repot harus bekerja di luar.

5 Les online

Misalnya ibu dulu pernah mengajar anak-anak, nah sekarang bisa mencoba memberikan les online. Les online trennya semakin marak, karena anak-anak ingin lebih paham materi tanpa harus pergi ke tempat les yang jaraknya bisa jauh. Mereka pun tidak terlalu lelah.

Ibu bisa membantu mereka belajar selama satu jam atau satu setengah jam. Untuk bayarannya bisa per jam. Nah, lumayan sekali kan bu?

Atau ibu jago bahasa asing, mengapa tidak memberikan les bahasa?
Pastinya seru.

Sembari berbagi ilmu, ibu juga mendapatkan pemasukan menarik setiap hari dari rumah.

Atau ibu punya keahlian lain, semisal ahli keuangan, ahli software tertentu ataupun konsultan, bisa menerima murid yang ingin belajar tentang keahlian tersebut.

6 Berjualan foto di microstock

Hobi jeprat-jepret dengan kamera? Tertarik mendapatkan penghasilan online? Mengapa tidak menjual fotonya di microstock? Jangan lewatkan kesempatan ini!

Ketika di rumah, ada benda-benda yang menarik perhatian, foto saja. Terus upload di situs microstock.

Akan lebih bagus hasilnya jika menggunakan kamera, semisal mirrorless ataupun DSLR. Tidak perlu yang mahal, bisa beli yang seken/bekas kok.
Berbagai benda bisa di foto dan dijual, bahkan benda-benda yang ada di rumah.

Ada lho ibu-ibu yang saya tahu sukses berjualan foto di microstock.

Mereka bisa bekerja dari rumah, tidak terikat waktu atau bebas mau bekerja kapan saja.

Memang perlu waktu sampai mulai mendengar gemerincing uang di akunnya. Tapi ini kegiatan yang sangat bermanfaat, karena bisa mendatangkan pemasukan di waktu yang akan datang.
Silahkan coba kalau berminat ya bu.

7 Berjualan desain online

Jika dulu kebetulan pernah belajar desain atau memang sangat tertarik desain, sekarang waktu yang tepat untuk mengubah kemampuan itu menjadi uang. Desainnya bisa apa saja, semua yang ibu mau boleh dibuat. Mulai dari logo, gambar ilustrasi, ikon-ikon menarik dan lainnya.

Bermodal komputer, ketika ada waktu lowong, mulai meracik desain. Sering diambil, semakin banyaklah desain yang terkumpul.
Terus mau jual kemana?

Banyak tempatnya.
Salah satunya di situs microstock lho bu.

Nah, bukannya microstock untuk foto saja?
Bukan, di microstock juga menjual desain berupa vektor dan lainnya. Ibu bisa menjadi kontributor di sana dan mendapatkan pemasukan jika ada yang membeli desainnya.

Banyak pilihan yang bisa dicoba

Berkat kecanggihan teknologi informasi, dunia rasanya berubah ke arah yang tidak pernah diduga sebelumnya. Bahkan mengubah cara kita bekerja. Dari dulu yang harus ke kantor, masuk senin sampai jumat, menerabas macetnya jalanan kota, sekarang malah bisa bekerja dari rumah.

Waktunya bebas bahkan menjadi bos bagi diri sendiri.
Menarik ya?

Nah, bagi ibu yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan dari rumah, bisa mencoba cara-cara di atas. Ketika ada waktu lowong, menekuni aktivitas tersebut bisa menghasilkan uang.
Asal rajin, ulet dan sabar.
Pasti bisa kok bu..

Leave a Reply

Your email address will not be published.