Breathable Fabric, Kain Jenis Apa Ini?

Breathable Fabric, Kain Jenis Apa Ini?

Pernah mendengar jenis kain ini?
Fabric kalau diartikan ke Bahasa Indonesia adalah kain. Dan dalam pembuatan pakaian, ada beberapa jenis kain yang umum dipakai.

Contohnya antara lain:

  • Katun
  • Wol
  • Sutra
  • Nilon
  • Polyester

Baca juga di sini: Jenis Bahan Baku Pembuatan Pakaian

Terus, breathable fabric masuk ke kategori yang mana?
Baik, mari lanjutkan membaca di bawah ini.

Pengertian “breathable fabric”

Breathable berasal dari akar kata “breath” yang artinya bernafas. Adanya tambahan “able” yang berarti bisa, membuat artinya menjadi “bisa bernafas”.

Jadi, breathable fabric adalah kain yang bisa bernafas, dalam artian mengijinkan udara mengalir melaluinya tanpa halangan berarti. Udara yang keluar masuk dengan mudah ini diibaratkan seperti proses pernapasan.

Keunggulan breathable fabric

Saat cuaca sedang panas-panasnya, kain dengan kemampuan bernapas bagus sangat dianjurkan. Udara mudah keluar masuk sehingga mengurangi efek panas di badan. Kita yang hidup di iklim tropis, dimana cuaca panas selama enam bulanan melanda, sangat cocok menggunakannya.

Keunggulan kain ini adalah:

  • Mengijinkan udara keluar masuk dengan mudah
  • Mengurangi panas di badan
  • Menghilangkan kelembapan di kulit

1. Mengijinkan udara keluar masuk dengan mudah

Kehadiran rongga di sela-sela tenunan membuat udara mudah menyelinap keluar masuk. Serat alami seperti kapas sangat populer dan menjadi primadona untuk breathable fabric.

2. Mengurangi panas di badan

Karena udara mudah keluar masuk melewatinya, kulit terasa lebih segar. Ujungnya rasa panas terkurangi. Beraktivitas di luar ruangan, apalagi ditembak terik matahari sangat cocok menggunakan pakaian dari kain berbahan kapas.

Katun adalah nama kain dari kapas.
Jika udara sedang panas-panasnya, ada baiknya menggunakan pakaian berbahan dasar ini.

3. Menghilangkan kelembapan di kulit

Hadirnya udara mampu menghilangkan kelembapan pada kulit. Kondisi lembap muncul karena kulit mengeluarkan keringat untuk mengatasi cuaca panas di sekitar.

Udara yang masuk ke dalam pakaian mampu membantu mengeringkan uap-uap yang melekat. Saat kelembapan berkurang akhirnya gerah melunak.

Kapan dipakai?

Ini yang tidak kalah penting, kita harus tahu kapan menggunakan pakaian jenis ini. Tidak disetiap situasi “breathable fabric” cocok digunakan.

Kondisi yang cocok menggunakan kain ini adalah:

  • Cuaca panas
  • Di musim kemarau

Cuaca panas di negara kita memang menguras energi, mematahkan semangat dan gairah. Mau ngapa-ngapain keringat sudah mengucur.
Baru saja habis mandi, belum ganti baju, keringat tumpah ruah.
Bagaimana kalau keluar rumah?

Salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan kain yang mampu bernapas. Pilih pakaian dari bahan katun dan hindari baju tebal.

Kapan tidak dipakai

Saat cuaca panas menjadi waktu terbaik untuk menggunakan pakaian berbahan “breathable fabric”. Terus kapan tidak menggunakannya?

  • Cuaca dingin
  • Musim salju

Meningat breathable fabric mengijinkan udara keluar masuk seenaknya, sangat tidak dianjurkan menggunakannya ketika musim dingin datang, apalagi saat salju.
Tubuh bakal kedinginan.

Kita harus mengenakan pakaian tebal, memiliki insulasi yang baik, dan mampu mencegah udara dingin menusuk kulit.

Contoh breathable fabric

Beberapa kain yang bisa dikategorikan sebagai breathable fabric adalah:

  • Katun.
    Kain yang terbuat dari kapas
  • Linen
    Kain yang terbuat dari serat tumbuhan rami. Bahkan kain ini mengijinkan udara lebih leluasa keluar masuk dibanding katun
  • Sutra
    Kain yang diolah dari kepompong ulat sutra, dikenal akan kemewahannya, menjadi bahan dengan sirkulasi udara bagus.
  • Polyester dan nilon
    Walaupun kemampuan sirkulasi udaranya kurang dibandingkan bahan lain, polyester dan nilon bisa dibuat menjadi breathable fabric. Sehingga banyak digunakan pada pakaian olahraga ataupun aktivitas outdoor yang lain.

Itulah penjelasan tentang breathable fabric. Semoga bisa menambah pengetahuan dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Oh ya…
Bagi anda yang ingin mencari pakaian wanita terbaik, silahkan kunjungi website kami ya. Klik banner di bawah atau link berikut:

Klik: www.coralbloomofficial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.