Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Bagi Remaja, Membuat Hidup Semakin Bahagia dan Produktif

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Bagi Remaja, Membuat Hidup Semakin Bahagia dan Produktif

Hidup sehat menjadi dambaan setiap orang, tidak terkecuali remaja. Tubuh bugar memperlancar aktivitas dan meningkatkan gairah hidup. Apalagi remaja sedang aktif-aktifnya, mereka dipenuhi rasa ingin tahu tentang segala hal. Energi yang cukup sangat mendukung kegiatannya sepanjang hari.

Kalau sakit bagaimana?
Badan lemas, energi lemah, malas bangun, dan kepala pusing. Mana mungkin bisa beraktivitas selancar dan segiat seperti hari-hari biasanya.

Cara menjaga kesehatan

Demi mendapatkan tubuh yang sehat dan penuh energi, remaja bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut. Dukungan tenaga yang cukup, membuat aktivitas berjalan lancar tanpa kendala.

Yuk simak caranya!

1) Rajin menjaga kebersihan tubuh

Jangan sampai lalai ya!
Tubuh bersih terhindar dari kuman dan noda membandel. Jika kuman hadir, bisa mengganggu kesehatan.

Misalnya sakit perut ata demam.

Kuman masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang didorong oleh tangan tidak bersih. Kotoran yang menempel di tangan ikut terbawa dan akhirnya menyebabkan gangguan. Dalam kotoran itulah ada kuman-kuman yang merugikan kesehatan.

Jika baru tiba di rumah, badan keringatan dan kotor, langsung mandi. Bersihkan tuntas sampai tubuh terasa segar dan tidak lengket. Hindari langsung rebahan di kasur dengan badan kotor, kuman bisa menempel di sana.

Kebersihan muka tidak boleh dilewatkan, lalai sedikit jerawat muncul. Cuci muka dengan sabun khusus setelah beraktivitas di luar. Jerawat sangat mengganggu, bisa menyebabkan rasa sakit atapun menurunkan rasa percaya diri.

2) Gunakan pakaian bersih

Pakaian bersih enak di pakai dan nyaman di tubuh. Baunya harum, membuat orang di sekitar tidak terganggu. Coba kalau pakaiannya apek, tidak ada yang mau mendekat.

Sehabis aktivitas, baju kotor ditampung dalam wadah khusus. Setelah dua hari, cuci sampai bersih. Jangan lupa setrika kalau sudah kering. Tambahan pewangi semakin membuat pakaian enak dipakai. Percaya diri semakin meningkat.

Baju atau celana kotor bisa mengandung kuman dan bakteri. Jika dipakai terus, kulit gatal-gatal dan merah. Rasa gatal membuat tangan tidak tahan ingin menggaruk. Garukan keras akhirnya menimbulkan luka.

Nah…
Gara-gara pakaian kotor membuat kulit menderita dobel.

3) Makan teratur

Saking giatnya beraktivitas, remaja lupa makan dan minum. Keduanya sangat penting bagi tubuh. Makanan menyediakan energi dan minum membuat tubuh ter-hidrasi dengan baik. Terlambat makan membuat perut kosong, maag bisa muncul.

Kurang asupan cairan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi jika tidak tertangani dengan baik bisa membahayakan. Selalu bawa air dalam botol untuk mencukupi kebutuhan cairan. Kurangi minuman manis kemasan yang tidak baik bagi kesehatan.

4) Istirahat cukup

Hindari bergadang, apalagi jika besoknya ada ujian di sekolah. Tidur tepat waktu, jam 10 sudah istirahat. Jauhkan godaan hape dengan segala aplikasinya. Istirahat 7-8 jam membuat energi di tubuh kembali ke level puncak.

Bergadang sangat tidak baik bagi kesehatan.

Akibatnya seperti sakit kepala, badan lemas, bangun siang dan kurang bergairah. Bagaimana bisa belajar dengan baik di sekolah?
Konsentrasi menurun dan kurang maksimal menyerap pelajaran.

Jauh lebih buruk jika ada ujian. Pikiran susah konsentrasi, kemampuan menelaah soal berkurang dan kemungkinan salah meningkat.
Nah, sayang sekali bukan?

Mari tanamkan disiplin dalam diri, kalau sudah waktunya istirahat ya tidur. Berikan waktu yang cukup bagi badan memulihkan energinya. Sehingga besoknya bisa bangun pagi dengan nyaman, penuh energi dan bersemangat.

5) Olahraga rutin

Bisa mengajak teman lari ringan di lapangan saat sore. Seminggu dua atau tiga kali sudah cukup, yang penting rutin. Olahraga membuat tubuh lebih sehat, lemak berlebih terbakar dan badan lebih bugar.

Kalau tidak sempat ke lapangan, di rumah saja. Lakukan lari di tempat selama beberapa menit, ditambahi push up atau lainnya. Punya treadmill? Gunakan alat ini, lari beberapa saat dan biarkan peluh mengucur.

Manfaat kesehatan bagi remaja

Sudah sering dijelaskan kalau kesehatan sangat penting, bahkan bagi remaja. Walaupun di usia ini tubuh sedang segar-segarnya, kesehatan harus tetap dijaga. Jangan sampai lengah ataupun lalai.

Manfaatnya antara lain :

  • Membuat tubuh kuat dan berenergi
  • Tidak cepat lelah
  • Meningkatkan konsentrasi dalam belajar
  • Membangkitkan semangat
  • Penuh antusias
  • Meningkatkan kesehatan jiwa
  • Produktivitas lebih baik
  • Terhindar dari berbagai penyakit
  • Nafsu makan terjaga

Nah, banyak kan manfaatnya?

Jika tubuh sehat, energinya cukup untuk mendukung padatnya aktivitas harian remaja yang seakan tanpa ujung. Apalagi belajar membutuhkan konsentrasi tinggi, kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan.

Terhindar dari berbagai penyakit membuat hidup lebih enak, nyaman dan memudahkan. Mau melakukan apapun tidak ada hambatan. Tubuh selalu siap melayani dan menyambut kegiatan yang ada di depan.

Jika sakit bagaimana?
Rasanya lemas, tidak bergairah, dan tanpa tenaga. Mau bangun saja enggan, apalagi bekerja dan belajar.

Jadi remaja mesti rajin menjaga kesehatan tubuhnya. Demi memperlancar aktivitas dan terhindar dari berbagai halangan. Caranya dengan melakukan langkah-langkah mudah yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga sehat selalu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.