Hujan-hujan, Ini Pakaian yang Sebaiknya Dikenakan Agar Terhindar Dari Dingin

Hujan-hujan, Ini Pakaian yang Sebaiknya Dikenakan Agar Terhindar Dari Dingin

Memasuki bulan oktober, negara iklim tropis seperti Indonesia mulai bersiap akan datangnya hujan. Sudah menjadi jadwal rutin, kalau hujan pasti datang menyapa selama enam bulan dari oktober sampai maret.

Tetapi karena global warming, musim mengalami pergeseran. Hujan mulai sering datang terlambat, bahkan turun lebih singkat dari biasanya.

Tetapi jangan sampai membuat kita lengah, walaupun hujan mulai ogah-ogahan turun, kita tetap siap sedia menyambutnya. Terutama dengan menyiapkan pakaian yang tepat agar tubuh tetap nyaman tanpa dilanda kedinginan berlebih.

Pakaian yang sebaiknya digunakan

Saat hujan sedang deras-derasnya, cuaca sekitar pastinya dingin. Bahkan membuat kita menggigil.
Apa yang perlu dipakai?

  • Pakaian berwarna gelap
  • Berbahan polyester
  • Pakaian tebal
  • Gunakan jaket dan syal
  • Pakai topi dan kaos kaki
  • Gunakan jas hujan kalau keluar

Warna gelap mampu memerangkap panas jauh lebih baik dibanding warna terang. Gunakan pakaian seperti ini kalau cuaca hujan dan dingin. Tubuh lebih hangat dan lebih nyaman diajak beraktivitas.

Warna gelap antara lain hitam, merah, coklat tua dan hijau pekat.
Silahkan pilih warna tersebut.

Polyester adalah jenis pakaian sintesis yang banyak digunakan untuk membuat pakaian hangat. Kemampuannya memerangkap panas sangat bagus dan mencegah udara dingin menyentuh kulit.

Beberapa pakaian dibuat lebih tebal, misalnya baju kaos. Gunakan kaos berbahan tebal agar tubuh lebih hangat. Atau bisa menggunakan kemeja berbahan flanel yang membuat tubuh terhindar dari dingin.

Jika masih di rasa dingin, tambahkan jaket. Misalnya anda bekerja di ruangan yang mengharuskan AC tetap hidup, tetapi tubuh sudah menggigil, jaket harus dipakai. Tubuhpun terasa hangat dan nyaman kembali bekerja.

Tambahkan syal bila perlu.
Syal membuat leher hangat.

Jika harus pergi ke luar, motoran, jaket dan syal wajib. Kehadirannya membuat kita nyaman menembus dinginnya udara luar.

Kalau di rumah, saat hujan deras, udara sangat dingin, boleh pakai topi untuk membuat kepala nyaman. Jika dingin terasa menusuk, tambahkan kaos kaki.

Jangan lupa gunakan pakaian tebal ditambahi jaket.
Andapun merasa lebih nyaman.

Kalau harus keluar di saat hujan, apalagi naik motor, kenakan jas hujan. Jas hujan dibuat dari bahan anti air yang sanggup melindungi tubuh dari basah.

Selain itu, jas hujan membuat kita tetap hangat karena sanggup mengusir udara dingin yang begitu menusuk.

Jenisnya ada ponco ataupun jaket dan celana. Bagi pengendara motor, jas hujan wajib hadir di bagasi. Saat hujan turun, kita sudah siap dan terhindar dari basah.

Manfaat nyaman saat cuaca dingin

Kita pastinya ingin merasa nyaman di segala situasi kan? Entah itu musim dingin atau pun panas. Setiap cuaca menghadirkan tantangan tersendiri.

Untuk cuaca dingin, apalagi musim hujan, pakaian tepat membuat kita merasa nyaman.
Terus, mengapa kita harus merasa nyaman saat cuaca sedang dingin-dinginnya?

  • Mudah beraktivitas
  • Tidak merasakan penderitaan berlebih
  • Tubuh lebih sehat
  • Menghadirkan rasa bahagia

Saat tubuh merasa nyaman, mau beraktivitas lebih mudah. Tidak ada kendala berarti berkat minimnya halangan. Jika tubuh menderita dingin berlebih, mau bekerja tidak enak, ingin melakukan sesuatu juga tidak maksimal.

Itulah mengapa kita harus membuat tubuh nyaman dulu. Akhirnya pekerjaan yang mesti dituntaskan beres tepat waktu walaupun diselimuti dinginnya udara.

Udara dingin mampu membuat tubuh menggigil hebat, rasa tidak nyaman bertumbuh cepat. Sebaiknya segera gunakan pakaian tebal, jaket dan bila perlu lengkapi dengan selimut. Akhirnya tubuh perlahan merasa hangat dan kitapun lebih lega.

Jika tidak siap menghadapi cuaca dingin, penderitaan datang.

Bagi anda yang harus pergi ke daerah dingin, pegunungan misalnya, apalagi ditemani hujan deras, pakaian tebal harus dibawa. Kehadirannya mampu melawan cuaca dingin dan mencegah panas tubuh lari ke luar.

Mereka yang tinggal di eropa, saat musim dingin, menggunakan pakaian serba tebal dari atas sampai bawah. Itu semacam perlindungan agar tubuh tidak menderita dingin berlebih atau hipotermia.

Dingin berlebihan membuat tubuh mudah sakit. Flu paling umum menyerang. Hidung mulai merembeskan air, bahkan disertai bersin keras. Jika flu parah, kepala pun ikutan sakit. Nah, tidak enak beraktivitas kan jadinya?

Ada baiknya buat tubuh lebih nyaman saat dingin. Jangan paksakan diri melawan hembusan udara yang tidak bersahabat ini, apalagi sampai hujan-hujanan.
Hindari ya!

Dengan pakaian yang tepat, kita lebih terlindung dan akhirnya terhindar dari penyakit yang membuat tubuh lemah.

Setelah merasa hangat dan nyaman, bukankah kita merasa bahagia? Senyum terkembang lebar karena tubuh terlindungi dengan baik.

Coba bayangkan, apakah rasa senang itu muncul saat kita menderita kedinginan berlebih? Tidak mungkin kan?

Itulah alasan mengapa kita harus mempersiapkan diri menghadapi cuaca dingin agar tubuh sehat, pekerjaan lancar dan menghadirkan rasa bahagia.

Atur mencuci pakaian agar cepat kering

Yang tidak boleh dilupakan, saat cuaca sering hujan, adalah mempersiapkan pakaian. Tahu dong kalau hujan membuat pakaian susah kering?
Nah, kalau bisa cuci baju secepatnya setelah dipakai.

Tujuannya apa?
Pakaian mendapatkan waktu yang cukup untuk mengeringkan dirinya.

Saat matahari diberi kesempatan oleh mendung untuk muncul, manfaatkan. Walaupun cuma diijinkan satu jam, langsung carikan sinar jemuran anda.
Lumayan untuk menghilangkan basah dan bau yang timbul akibat tidak pernah terkena sinar.

Ketika mendung datang, segera masukkan dan amankan cucian.
Seperti kucing-kucingan ya?
Tidak masalah, yang penting pakaian cepat kering.

“Waduh, susah banget mendapatkan waktu untuk mencuci. Sudah capai datang dari kerja”.
Tenang, gunakan jasa cuci pakaian. Pakaian bersih, wangi dan sudah ter-setrika. Pekerjaan jauh dimudahkan.

Jasa laundry sangat diminati dan bertumbuh dimana-mana. Kemalasan mencuci mendorong industri ini menggeliat dan akhirnya menciptakan lapangan kerja baru. Konsumen pun merasa terbantu karena pakaian mereka ter-urus dan tidak repot harus mengucek serta menyetrikanya lagi.

Apa yang dilakukan saat cuaca dingin?

Cuaca dingin, apalagi sedang hujan, sebaiknya menghindari kegiatan luar ruangan. Karena rumah memberikan perlindungan terbaik saat suhu udara sedang drop-dropnya.

Berikut kegiatan bagus saat cuaca dingin:

  • Lebih banyak di rumah
  • Siapkan makanan secukupnya
  • Minum yang cukup atau minum minuman hangat

Rumah memberikan proteksi terbaik bagi kita saat dingin dan hujan. Aktivitas luar rumah mulai dikurangi karena bisa membuat sakit.

Kalau memang harus keluar, gunakan pakaian tebal dan jaket. Saat hujan jangan lupa mengenakan jas hujan untuk menjaga pakaian tetap kering.

Apalagi hujan disertai angin kencang, lebih baik tinggal di rumah dan menghindari bahaya. Hujan deras berpotensi menyebabkan banjir, jangan sampai terjebak di tengahnya. Apalagi angin kencang mampu menerbangkan benda-benda yang membahayakan kita.

Saat cuaca mulai sering hujan dan dingin, mulailah untuk menyiapkan makanan secukupnya. Sehingga saat lapar sudah ada cadangan.

Misalnya sedang hujan deras, perut lapar, kita sudah ada persiapan dan tidak perlu ke luar rumah menantang curahan deras air.

Udara dingin membuat tubuh mengeluarkan cairan lewat kencing. Walaupun tidak merasa haus, cukupi kebutuhan cairan dengan baik. Karena cairan tubuh lebih banyak dibuang lewat kencing tadi.

Kecukupan cairan membuat tubuh tetap terhidrasi dan menghindarkan kita dari kehilangan cairan berlebih yang membuat tubuh sakit.

Bisa juga dengan minum minuman hangat semacam teh dan susu. Minuman ini mampu membuat kita lebih hangat.

Itulah beberapa tips menghadapi cuaca dingin ataupun hujan, sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa gangguan. Walaupun udara tidak bersahabat, saking dinginnya, kita tidak terlalu terganggu dan masih bisa menyelesaikan aktiviitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.