Ini Dia Hidangan Lokal yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia

Ini Dia Hidangan Lokal yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia

Membicarakan kuliner, Indonesia menjadi salah satu surganya. Berbagai jenis sajian nikmat siap memanjakan laparnya perut. Mendapatkannya sangat mudah mengingat banyaknya penjual yang membuka lapak.

Soal rasa pasti sudah sesuai lidah kita.

Tak heran jika pembeli tidak pernah kekurangan pilihan ketika waktu makan tiba. Mulai dari sarapan, makan siang sampai makan malam, para penjual siap melayani mereka yang lapar.

Sajian Lokal yang Digemari

Saat malas masak di rumah dan ingin mencicipi makanan yang berbeda, ada baiknya mampir ke warung berikut. Harganya masih terjangkau dan pastinya tidak membuat kantong jebol.

1) Bakso

Bentuk bulat dan tekstur kenyalnya menghadirkan sensasi unik saat dikunyah. Dibarengi potongan mie, irisan kol, taburan bawang goreng disertai kuah panas. Enak sekali.
Suka pedas?
Tambahkan cabai.

Kalau rasa lapar sedang bergejolak, tambahan nasi sanggup membuat perut kenyang.

Pilihan daging umumnya sapi.
Tetapi di beberapa tempat, ada yang menyediakan bakso ayam. Rasanya sama-sama yahud kok.

Untuk harga bagaimana?
Ramah di kantong, sepuluh ribu per mangkuk. Walaupun ada juga yang menjualnya lebih mahal, tergantung lokasi dan daerahnya.

Bakso pun mengikut perkembangan jaman. Di saat industri kuliner kedatangan bahan-bahan baru, sajian ini tidak mau ketinggalan.

Misalnya sekarang ada varian bakso keju, bakso jamur, bakso beranak dan lainnya. Hadirnya jenis baru membuat pelanggan disuguhi banyak pilihan. Mereka pun semakin bersemangat membelinya.

2) Nasi goreng

Hidangan ini memang bisa dibuat di rumah. Menggunakan bumbu-bumbu dasar, sayur, telur atau suiran daging, santapan nikmat sudah tersaji.

Membuatnya cukup mudah.

Jika bingung mau mulai dari mana, lihat resepnya di internet. Sekali mencoba pasti hafal bumbunya. Jika ingin membuatnya lagi, tinggal mengingat bahannya apa saja.

Kalau malas memasak dan kebetulan punya tempat favorit, tidak ada salahnya beli.

Nasi goreng tidak terbantahkan sebagai sajian digemari warga Indonesia.Setiap daerah punya ciri khas dalam meraciknya. Kalau di daerah anda, apa yang membuat sajian ini digemari?

3) Lalapan

Ayo, siapa yang sering nongkrong di warung ini?

Penjual biasanya membuka lapak dipinggir jalan, pasar ataupun punya tempatnya sendiri berupa toko. Bagi penjual di dekat jalan, warung beratap tenda menjadi ciri khasnya.

Kehadiran warung ini dimana-mana.

Apa saja menu andalannya?

  • Ayam goreng
  • Ayam bakar
  • Ikan goreng
  • Lele goreng
  • Tempe dan tahu
  • Nasi goreng

Tentu saja tidak lupa sambalnya dibarengi sayuran kol, kacang panjang dan daun kemangi. Sajian ini menjadi pilihan banyak penggemar kuliner.

4) Mie ayam

Biasanya dagang bakso juga menjual mie ayam, walaupun ada penjual yang khusus menjual mie saja.
Harganya juga terjangkau.

Kalau rasa lapar mampir di waktu nanggung, misalnya sore hari, mie ayam bisa dilirik. Kehadirannya mampu menghindarkan perut dari lapar sampai makan malam tiba.

Mie ditata dalam mangkuk, ditaburi sayur, potongan ayam ataupun gorengan bawang. Tidak lupa disiram kuah khusus.
Bisa ditambah bakso ataupun telur.

Sudah terbayang kan enaknya?

Mie menjadi hidangan favorit warga kita, bahkan warga dunia. Penggemar makanan ini tersebar ke seluruh tempat. Dan di negara kita mie diolah menjadi semangkuk hindangan lezat, berupa mie ayam, yang mudah dibeli dimana-mana.

5) Soto

Soto adalah hidangan berkuah yang sangat enak di santap saat cuaca dingin. Kuahnya mampu menghangatkan tubuh dan memberi tambahan energi.

Air rebusan daging menjadi bahan utama kuah, disertai bumbu khusus yang membuat rasanya semakin enak.

Pada mangkuk, mie ditaruh paling bawah. Setelah itu ditaburi suiran ayam, bawang goreng ataupun cabai sebagai pembangkit rasa pedas. Sangat cocok sebagai pelengkap nasi.

6) Sate

Kambing dan ayam menjadi bahan yang umum untuk sate. Daging dipotong kecil-kecil, ditusuk lalu dipanggang di atas panasnya bara api.

Setelah matang dilumuri bumbu kacang yang enak dan siap disantap.

Ada yang menggunakan lontong ataupun nasi. Biar lebih lengkap, sate ditemani dengan gulai. Kombinasi keduanya membuat nafsu makan bertambah.

Rasanya Beda dengan Makanan Luar

Makanan asli Indonesia memiliki cita rasa yang jauh beda dengan makanan luar. Negeri kita sangat subur dan menghasilkan banyak rempah untuk bumbu. Beda dengan negara luar semacam eropa atau amerika.

Rasa makanan kita sangat kaya.

Hidangan satu dan lain memiliki cita rasa unik dan khusus.

Jika dibandingkan dengan makanan luar, semisal burger, rasanya berbeda. Hidangan Indonesia jauh lebih kaya bumbu dan rasanya membuat nagih.

Contoh makanan kaya bumbu semisal :

  • Rendang
  • Rawon
  • Gulai
  • Soto
  • Dan lainnya.

Walaupun makanan luar terus bermunculan di sini, sajian lokal tetap tidak tertandingi. Masyarakat masih menyukainya.

Lagian, harganya jauh lebih murah. Berbekal sepuluh ribu sampai lima belas ribu, sudah bisa mendapatkan semangkuk bakso atau mie ayam enak.

Jika membeli burger atau ayam goreng di fast food, harganya lebih mahal.

Warung tradisional atau lokal tetap diincar pembeli, masih menjadi primadona. Selain cocok di lidah, harganya merakyat dan rasanya memang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.