Gaya Hidup Jaman Modern yang Tidak Bagus Bagi Kesehatan Kita

Gaya Hidup Jaman Modern yang Tidak Bagus Bagi Kesehatan Kita

Perkembangan jaman menghadirkan banyak hal baru ke hidup kita. Mulai dari makanan, aktivitas, hiburan bahkan teknologi. Mereka hadir memberikan warna anyar bagi dunia.

Pergerakan teknologi yang paling terasa.
Setiap hari ada saja satu dua produk segar menyerbu pasar. Produk ini dimaksudkan untuk meringankan pekerjaan ataupun menghadirkan hiburan.

Terpincut dengan kemampuannya, kitapun rela merogoh kocek demi membawa barang itu ke rumah.

Tidak hanya teknologi, dunia makanan juga diwarnai variasi olahan menarik yang benar-benar mengundang selera. Pilihan makanan semakin beragam yang siap memuaskan rasa lapar.

Gaya hidup yang harus dihindari

Dibalik gemerlap dan kelap-kelip kemajuan dunia, rasa mawas harus dijaga. Jangan sampai tercemplung basah dan akhirnya malah merugikan diri sendiri. Mengikuti tren boleh, tetapi harus bijaksana dan tahu mana yang cocok untuk kita.

Dan juga tahu batasannya. Karena apapun yang dilakukan berlebihan hasilnya kurang baik.

Berikut adalah gaya hidup yang patut dihindari di jaman modern.

  • Gemar junk food
  • Berlebihan dengan minuman kekinian
  • Bergadang dengan gadget
  • Nongkrong di cafe
  • Prokrastinasi

1) Gemar mengkonsumsi Junk Food

Junk Food kalau terjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya seram lho. “Makanan sampah”, itulah artinya. Apakah kita benar-benar melahap sampah?

Tentu saja tidak.

Yang tergolong junk food adalah makanan yang mengandung nutrisi rendah, karbohidrat tinggi plus gula berlebih. Makanan seperti ini tidak baik bagi tubuh.

Gula dan karbohidrat tinggi menyebabkan obesitas (kegemukan). Berbagai penyakit mudah datang jika keduanya menumpuk di dalam tubuh. Sebaiknya hindari dan jangan terlalu sering mengkonsumsinya.

Junk food sangat mudah ditemukan. Makanan ini tidak perlu diolah lagi, siap langsung santap. Contohnya snack, chocolate ataupun minuman bersoda.

2) Berlebihan dengan minuman kekinian

Bukan makanan saja, minuman ikut membanjiri pasar dengan beragam jenisnya. Sekarang ngetren minuman boba dan sejenisnya.

Tentu saja boleh meminumnya, tetapi tidak setiap hari.

Bisa saja kandungan gula dan kalorinya tinggi.

Dari rasanya yang manis itu, kita sudah tahu kalau minuman ini mengandung gula tinggi. Jika rutin membelinya, tubuh bisa diserang penyakit gula atau diabetes.
Silahkan deh baca-baca lagi di internet, ada kasus seperti ini lho.

Ada baiknya kekang keinginan, tidak sering-sering meminumnya. Lagian harga minuman ini kan lumayan, di atas 20ribu segelas. Banyak penghematan kalau sanggup menahan godaannya.

3) Bergadang dengan gadget

Serbuan gadget tidak terhindarkan. Hampir setiap orang memilikinya. Alat ini jauh memudahkan komunikasi antar penggunanya, bahkan ke luar negeri tidak perlu waktu lama. Beberapa detik sudah sampai.

Gila kan!!

Dulu mana pernah terbayang ada alat yang sanggup menghubungkan jutaan orang, dari berbagai negara, dengan mudahnya.
Dan itu terjadi sekarang.

Gadget seperti smartphone seakan tidak bisa lepas. Selalu nempel di tangan.

Sedikit-sedikit hape, ini itu hape. Mau ini smartphone.

Tak jarang penggunanya sampai bergadang, mengusap-usap layar hingga lewat tengah malam, asyik melihat sosial media atau video. Akhirnya kebiasaan dan insomnia.

Bergadang tidak baik bagi tubuh. Bangun di esoknya tidak enak, tubuh lemas dan kurang gairah. Mau aktivitas tidak menyenangkan.
Pekerjaan pasti terganggu.

Jika waktunya tidur, sadarkan diri, hape harus istirahat, jauhkan dari tangan. Pejamkan mata dan biarkan tubuh istirahat agar energinya terisi kembali. Kitalah yang harus mengatur pola hidup, jangan terlena dengan gadget.

4) Nongkrong di cafe sering-sering

Ngobrol kesana kemari sampai malam, menyeruput secangkir kopi nikmat, nyemil kentang goreng, ataupun menyantap sandwich bersama teman-teman.
Pas bayar ternyata mahal.

Iya…
Memang harga makanan di cafe relatif tinggi dibanding warung. Kalau di kedai biasa, kopi susu seharga 3000, di cafe tidak segitu.
Minimal 20ribuan.

Hmmm…
Mahal ya??

Belum ditambah makanan atau cemilan.

Jika kalap belanja, dompet jebol.

Hindari doyan nongkrong di cafe jika ingin berhemat banyak setiap bulan. Sekali-kali boleh lah main ke sini, biar tahu saja rasa makanan yang ada di sana.

Cafe menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda. Mereka diberikan fasilitas nongkrong asyik, tempat nyaman, makanan unik dengan rasa berbeda. Tak heran jika tempat ini dikerubuti mereka yang ingin berkumpul bareng temannya.

Di kota besar cafe bermunculan bak jamur di musim hujan.

Produk unggulan yang ditawarkan terutama minuman dan makanan.

Tetapi ya gitu, jika belanjanya sesuka hati, uangnya jebol.

Pengeluaran sebulan bengkak dan sedikit menabung. Sebaiknya atur frekuensi nongkrong, agar keuangan sehat dan tidak kekurangan saat gajian belum datang.

Terus apa dampaknya bagi kesehatan kita?
Ngobrol di cafe sampai malam pastinya bergadang. Bergadang tidak bagus bagi tubuh, seperti yang telah disebutkan di atas.

Badan tidak mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas di esok harinya, lemas dan kurang gairah. Bahkan menimbulkan sakit kepala.

Selain itu, makanannya bisa saja mengandung kalori dan gula tinggi. Sering dikonsumsi, tubuh berpotensi diabetes.

5) Prokrastinasi

Pernah mendengar istilah ini?
Prokrastinasi memilih mengesampingkan atau menunda pekerjaan utama karena tergoda hal lain. Misalnya lebih memilih menonton video daripada menuntaskan pekerjaan.

Seberapa sering melakukannya?

Memang tidak terhindari, kecanggihan gadget dan internet menghadirkan godaan tidak tertahankan. Ingin menengok instagram lah, mau tahu video terbaru ataupun kepo status teman.

Akhirnya pekerjaan utama terbengkalai.

Intinya mau menyadarkan diri sendiri, pekerjaan utama harus dituntaskan. Masalah media sosial dan video bisa menyusul kalau sudah santai.
Mampu menghindari godaan ini, membuat kita semakin produktif.

Pengaruh ke kesehatannya dimana?
Lebih ke arah mental.

Sering menunda pekerjaan membuat kita tidak taat. Pelanggaran-pelanggaran kecil mulai digemari dan bukan tidak mungkin ke arah yang lebih besar. Akhirnya produktivitas menurun. Jika anda karyawan, bos gusar dan mulai kehilangan kepercayaan.

Yang lebih fatal, pemecatan tidak terelakkan.

Hmmm…
Jika bekerja terikat aturan, lebih baik curahkan perhatian ke tugas yang didelegasikan. Tuntaskan dengan baik. Saat santai atau istirahat, barulah nikmati media sosial beserta tetek bengeknya.

Kesehatan itu penting

Coba kenang saat sakit dulu, rasanya bagaimana? Enak?
Tentu saja tidak. Badan lemas, tidak enak makan dan energi drop.
Bahkan rebahan sudah bosan.

Itulah mengapa kesehatan sangat penting. Mau melakukan apapun bebas, karena tubuh mendukung berkat kondisinya yang prima dan fit. Tidak ada rasa sakit yang menghalangi kegiatan sehari-hari.

Itulah alasan mengapa kesehatan sangat penting, karena bisa :

  • Memperlancar aktivitas
  • Mendatangkan rasa bahagia
  • Makan enak
  • Tubuh bugar dan fit
  • Bekerja lebih semangat

Apapun yang kita lakukan terasa lebih mudah berkat tubuh yang sehat. Benar kan?

Mau diajak pergi sama teman oke, bekerja seharian tidak masalah, makanan terasa enak, dan akhirnya hati bahagia karena bisa beraktivitas dengan lancar.

Cara menjaga kesehatan

Setelah tahu kesehatan sangat penting, jangan lupa menjaganya. Mengapa? Agar kita tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Bagaimana cara menjaga kesehatan?

  • Tidur yang cukup
  • Makan makanan yang bersih dan bergizi
  • Rutin olahraga
  • Menghindari pikiran negatif
  • Perbanyak minum air putih

1). Tidur yang cukup

Di malam hari, kalau sudah mata mengantuk ya tidur. Jangan paksakan menonton layar smartphone. Sudah, istirahat saja dan pejamkan mata.

Tidur yang cukup membuat tubuh mendapatkan kesempatan menenangkan diri sembari mengecas energinya. Besok, saat bangun pagi, rasanya sangat segar, penuh semangat dan siap untuk beraktivitas.

Dilihat dari banyak referensi, tidur malam yang ideal berkisar 7 sampai 8 jam.

Kalau bergadang, jelas mengurangi waktu tidur dan efeknya tidak baik. Ayo berikan tubuh istirahat kalau sudah malam, hindari bergadang demi menjaga kesehatan.

2). Makan makanan yang bergizi

Junk food dan fast food dikurangi, cari makanan yang mengandung gizi lebih lengkap. Mudahnya, makanan itu mengandung daging sebagai sumber protein dan sayuran sebagai penyumbang vitamin atau mineral.

Jangan melahap makanan yang hanya daging saja.

Kalau masak di rumah sangat bagus. Tetapi jika beli di luar, carilah warung yang menyediakan pilihan daging dan sayur.

3) Olahraga rutin

Jalan kaki atau lari ringan di seputaran rumah sudah cukup. Kalau bisa, datang ke lapangan dan lari beberapa putaran sampai keringat mengucur.

Malas keluar?
Aerobik saja.

Ikuti gerakan yang ada di video, youtube. Lumayan bisa memeras keringat dan membuat tubuh lebih segar. Rutin olahraga mampu menyehatkan badan, lemak terbakar dan berat badan terjaga.

4) Menghindari pikiran negatif

Berpikir yang tidak-tidak membuat stress dan capek. Kalau bisa dihindari. Mending pikirkan yang baik-baik, hal menyenangkan dan menenangkan hati.
Misalnya memikirkan betapa indahnya pagi ini, matahari bersinar terang sehingga bisa bekerja dengan baik.

Melelahkan lho merenungkan hal yang jelek-jelek.

Mending alihkan perhatian ke sesuatu yang bisa membuat kita happy, bersemangat dan bergairah. Alhasil energi lebih bagus dan bisa bekerja dengan baik.

5) Perbanyak minum air putih

Minuman kemasan sangat mudah dibeli di toko atau warung. Rasanya enak dan manis.
Eits!!
Kita harus waspada.

Minuman manis jika sering dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengundang penyakit. Sebaiknya hindari.

Utamakan air. Mengingat zat ini sangat diperlukan tubuh, tidak mengandung gula dan pastinya menyehatkan.

Kesimpulan

Kesehatan sangat penting, jangan pernah diabaikan. Jika sudah tahu satu kegiatan dapat mengganggunya, hindari. Ingatkan diri kalau kesehatan sangat berharga.

Tahu kan efek tubuh sakit?

Yang jelas tidak enak.

Mau melakukan ini susah, mau bangun badan lemas, ingin makan malah muntah dan sebagainya. Menderita sekali ya.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, jauhi kebiasaan yang tidak bagus dan rajinlah berolahraga. Karena badan lebih sehat, enerjik dan bisa diajak beraktivitas tanpa halangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.