Manfaat Sikat Gigi Bekas, Jangan Langsung Dibuang Ya!

Manfaat Sikat Gigi Bekas, Jangan Langsung Dibuang Ya!

Sikat gigi diperlukan untuk menggosok segala kotoran yang menempel di gigi. Kebersihan bagian mulut ini penting, karena membuat kita enak makan dan terhindar dari bau mulut.

Tetapi, sikat gigi ada umurnya.
Setiap dua bulan sekali harus diganti.

Mengapa?
Karena bulu-bulunya sudah mulai rusak dan jika dipakai terus bisa melukai gusi. Sikat seperti ini sudah tidak nyaman dipakai.

Manfaatkan sikat gigi bekas

Walaupun sudah tidak cocok untuk gigi, sikat bekas ini masih bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lain. Masih seputaran bersih-bersih, tapi untuk benda lain.

1) Membersihkan sink cuci tangan

Sink di rumah mesti rutin dibersihkan, karena pasti kotor seiring waktu. Gunakan sikat gigi bekas ini, gosok setiap bagian sink disertai sabun. Tampilannya pun berubah, sekarang lebih bersih dan kinclong. Pemandangan di dalam rumah pun lebih enak dilihat.

2) Menggosok sepatu

Sepatu yang dipakai setiap hari pasti tertempel noda dan kotoran. Ayo bersihkan biar kinclong. Gunakan sabun dan sikat perlahan. Gosok kotoran bandel yang menempel. Ketika sudah bersih, kitapun percaya diri menggunakannya.
Bersih membuat penampilan semakin keren.

3) Membersihkan sudut kamar mandi

Sudut kamar mandi, di antara pertemuan dua bidang dinding atau lantai, memang susah dibersihkan karena sempit. Tetapi sikat gigi memudahkan pekerjaan. Bentuknya yang mungil memungkinkan kita menjangkau sudut tersempit dan menggosok kotoran yang menempel.

Untuk dinding atau lantai yang lebar, gunakan sikat yang lebih besar. Kalau pakai sikat gigi akan memakan waktu lama.

Jangan lupa tambahkan cairan pembersih agar kotoran mudah disingkirkan, sehingga kamar mandi kembali bersinar layaknya baru lagi.

4) Membersihkan motor atau sepeda

Motor dan sepeda memiliki bagian-bagian kecil yang susah dijangkau lap biasa. Di sinilah sikat gigi datang membantu. Dengan tangkai panjangnya, kotoran yang menyelip di bagian sempit bisa digosok.
Akhirnya bersih kembali.

Rajin membersihkan motor atau sepeda, membuat keduanya awet dan tahan dipakai dalam waktu lama. Kalau sudah terlihat ada kotoran pengganggu, langsung bersihkan. Jangan biarkan noda menempel terlalu lama.

5) Menggosok keyboard komputer

Keyboard merupakan rumah bagi deretan tombol-tombol huruf dan angka yang digunakan memasukkan perintah kepada komputer. Saat terus dipakai, kotoran dapat menyelip di antara tombol. Pembersihan dengan lap bisa, tetapi kurang maksimal.

Sikat gigi sangat membantu.

Gerakan maju mundur atau kanan kiri membuat kotoran mudah digiring keluar keyboard. Celah-celah antar tombol pun lebih bersih dan bebas debu.

Simpan sikat gigi bekas untuk setiap keperluan

Misalnya di rumah ada empat orang, berarti dalam dua bulan ada empat sikat gigi bekas. Simpan sikat gigi ini dan masing-masing ditujukan untuk setiap keperluan.

Satu sikat untuk membersihkan sink, sikat lain membersihkan kamar mandi, yang lagi satu untuk mengusir kotoran pada keyboard komputer dan lainnya.
Setelah dipakai, simpan di tempat khusus.

Penyimpanan khusus memudahkan kita mengambilnya lagi saat diperlukan.

Saat melihat tempat cuci tangan yang kotor, noda terselip di sudut kamar mandi, kotoran menempel pada motor, langsung ambil sikat gigi dan bersihkan.
Gosok sampai kinclong.

Pentingnya menjaga kebersihan

Tidak terbantahkan lagi kalau kebersihan pangkal kesehatan. Noda dan kotoran menjadi sarang penyakit, kuman, virus bahkan bakteri. Karena itulah rumah harus dijaga betul-betul, jangan sampai kotor apalagi jorok.

Cara termudah menjaga kebersihan rumah dengan menyapu dan mengepel teratur.

Dapur, kamar tidur, kamar mandi dan halaman harus dibersihkan.

Kalau tidak, kotoran mulai muncul dan menghadirkan bau tidak sedap. Sampah menggunung segera dibuang, tampung di tempat khusus.
Disiplin menjaga kebersihan membuat hidup lebih baik.

Untuk membersihkan bagian-bagian susah dijangkau atau sudutnya sempit, gunakan sikat gigi. Barengi dengan sabun, agar kotoran lebih mudah diusir.
Akhirnya rumah bersih dan membuat kita nyaman tinggal di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.