Soft Skill yang Harus Dikuasai Saat Kuliah, Bermanfaat Ketika Sudah Bekerja

Soft Skill yang Harus Dikuasai Saat Kuliah, Bermanfaat Ketika Sudah Bekerja

Setelah sukses di jenjang SMA atau SMK, bagi pelajar yang masih ingin menempuh studi, bisa melanjutkan ke universitas. Di tingkat ini, kita bisa mendapatkan metode baru dalam belajar dan bagaimana menghadapi masalah yang muncul selama proses pendidikan.

Kuliah lebih menuntut kemandirian mahasiswa.

Tujuan utama kuliah adalah lulus tepat waktu. Untuk apa?
Menghemat biaya, mempersingkat waktu belajar dan pastinya cepat bekerja demi penghasilan bulanan.

Soft skill tambahan yang harus dikuasai

Selain lulus tepat waktu dan mendapatkan nilai yang memuaskan, kita harus menguasai keahlian-keahlian penting saat kuliah. Skill ini tidak hanya dipelajari di kampus, tetapi dari luar. Misalnya belajar dari teman, di tempat kursus ataupun menguasainya secara otodidak.

Inilah soft skill yang perlu dikuasai.

1) Berorganisasi

Berorganisasi dilakukan saat acara di luar perkuliahan. Misalnya ikut organisasi kemahasiswaan atau dikenal UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Setiap kampus pasti memfasilitasi mahasiswanya berkegiatan, silahkan pilih salah satu saja.

Mengapa satu?
Karena fokus kita kuliah adalah lulus tepat waktu dan memperoleh nilai bagus. Jangan sampai keasyikan organisasi dan lalai kuliah.

Dalam organisasi kita bisa bertemu banyak orang, saling berbagi pendapat, memaparkan pandangan dan menerima perbedaan. Memahami kondisi ini sangat memudahkan ketika bekerja. Kita tahu bagaimana harus menempatkan diri, berbicara sama orang dan menawarkan ide.

Jangan lewatkan kesempatan berorganisasi, banyak manfaat positif yang bisa diperoleh.

2) Keahlian presentasi

Masih gemetar saat membawakan presentasi? Wajar, itu bukan masalah kok. Yang penting berani tampil dan percaya diri dihadapan orang banyak. Keahlian presentasi perlu waktu untuk dikuasai. Sering-seringlah mencoba agar tahu tips dan triknya, sehingga presentasi lebih lancar.

Latihan harus intens.

Latihan sesering mungkin jika mendapat tugas presentasi. Coba di rumah beberapa kali, anggap kita sedang berbicara di depan orang banyak. Pahami alurnya dan hal-hal apa yang akan disampaikan. Latihan membuat kita lebih siap!

3) Penguasaan bahasa asing

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Bagi yang belum fasih, ayo tingkatkan kemampuannya. Banyak jalan yang memudahkan penguasaan bahasa ini.
Apalagi sekarang ada internet.

Ribuan sumber bisa diakses, tulisan dan video.

Latihan rutin mendorong kemampuan bahasa asing lebih baik. Tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit sehari sudah cukup. Yang penting teratur.

Jika mau lebih maksimal, carilah komunitas bahasa yang sedang dipelajari. Ikut di sana dan bercakap menggunakan bahasa itu, pasti cepat bisa.
Sering lho berkat bisa bahasa tertentu kita mendapatkan pekerjaan bagus dengan gaji menarik.

Mau??

4) Belajar diskusi

Diskusi itu sangat penting, karena solusi masalah kerap hadir dari penggalian ide beberapa orang. Misalnya ada tugas kampus, ada baiknya kerjakan bareng teman.

Mengapa?
Ketika tidak tahu, kita bisa bertanya. Setiap teman pasti punya ide, siapa tahu ide tersebut pas dengan masalah yang dihadapi.

Kita juga belajar mengungkapkan pendapat, bagaimana menghormati teman ataupun menolak saran dengan baik.

Bahkan dari diskusi, ilmu baru bisa masuk. Inilah yang keren. Sesuatu yang belum dipahami akhirnya terpecahkan, kita tahu caranya.
Rasanya sangat melegakan.

Jadi…
Saat ujian, kita sudah siap. Ketika ada permasalahan sama yang ditanyakan, tidak perlu waktu lama untuk menjawabnya. Nilai bagus pun diperoleh.

5) Bisa memimpin dan dipimpin

Ilmu ini diperoleh saat mengadakan kegiatan bersama teman-teman kampus. Misalnya merencanakan kegiatan bakti sosial dan kebetulan kita mendapatkan tugas memimpin seksi tertentu.
Ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Gunakan momen ini untuk mengeksplor diri dan menjadi pemimpin bagi orang lain.

Curahkan diri bagaimana bisa mengatur anggota, sehingga tugas yang didelegasikan tuntas dengan memuaskan.

Di waktu lain, misalnya kita menjadi anggota suatu tim, harus mau mengikuti perintah ketua. Kerjakan apa yang diminta dengan baik. Mengerjakan tugas dengan tanggung jawab, membuat kita menjadi pribadi yang disukai teman-teman. Ini sangat bermanfaat ketika bekerja kelak.

Pelajari yang bermanfaat bagi diri sendiri

Kalau tahu ada sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan diri sendiri, jangan lewatkan. Coba pelajari, karena bermanfaat kedepannya. Saat bekerja, kemampuan ini membantu dan memudahkan tugas yang diberikan. Jika bos happy, kitalah yang untung.

Jabatan bisa naik dan gaji meningkat.

Kalaupun tidak menjadi karyawan dan lebih memilih meniti usaha, soft skill ini sangat bermanfaat dalam mencari klien atau pelanggan. Kemampuan kita meladeni costumer menjadi kunci penting menggaet pemasukan lebih. Sekali lagi, ini terjadi berkat kemauan belajar dan meningkatkan soft skill.

Di sela-sela waktu kuliah, saat tugas tidak numpuk, manfaatkan untuk belajar yang lain.
Misalnya :

  • Ikut organisasi
  • Belajar bahasa asing
  • Kemampuan presentasi
  • Belajar diskusi
  • Belajar memimpin dan dipimpin

Nah…
Jangan lewatkan kesempatan kuliah dengan baik ya. Tidak hanya mengejar nilai akademis, kemampuan nonteknis lain juga mesti di kuasai.
Kitalah yang diuntungkan nanti.


Leave a Reply

Your email address will not be published.