Cara Mengisi Liburan Asyik di Rumah Bersama Keluarga

Cara Mengisi Liburan Asyik di Rumah Bersama Keluarga

Setelah beberapa hari tenggelam dengan aktivitas masing-masing anggota keluarga, weekend menjadi saat yang ditunggu. Bersantai, membiarkan jiwa dan raga menjauh dari hiruk pikuk pekerjaan, atau bahkan membiarkan diri sendiri bangun lebih siang.

Tubuh perlu break…
Jangan diajak kerja terus.
Karena itulah kita diberikan hari libur agar bisa berleha-leha, memulihkan energi yang telah terbuang beberapa hari terakhir.

Di rumah bareng keluarga

Weekend pasti sudah diantisipasi dengan menyiapkan berbagai acara. Mungkin ada yang jalan-jalan ke luar, makan di restoran, main ke mall ataupun menikmati wisata alam.

Bagi sebagian orang, diam di rumah menjadi pilihan menarik. Karena malas keluar, enggan dicubit panas matahari, apalagi mengeluarkan banyak uang.
Tinggal di rumah oke saja kok.

Malah banyak yang bisa dilakukan bersama keluarga.

1) Bersih-bersih bersama

Setelah bangun di pagi hari, sekeluarga diajak membersihkan rumah. Yang ringan-ringan saja. Semisal menyapu lantai dan halaman, mencabut rumput di taman atau memotong tanaman yang sudah tidak rapi. Satu sampai dua jam cukup lah, tidak perlu lama-lama.

Hasilnya apa?
Rumah lebih bersih dan membuat hati betah.

Setelah peluh tumpah ruah, capek melanda, temani dengan minum teh atau kopi bersama. Jangan lupakan makanan pendamping semisal jajan tradisional ataupun kue. Lemparkanlah beberapa canda tawa yang bisa menambah keakraban keluarga.

2) Memasak makanan kesukaan

Serahkan ke ibu untuk urusan memasak. Yang lain bisa membantu menyiapkan bahan-bahannya agar cepat selesai. Saling bekerja sama pastinya memudahkan pekerjaan.
Anak-anak bisa melihat ibunya meracik makanan.

Siapa tahu nanti bisa masak sendiri.
Jika sering dilakukan pasti bisa. Kalau sudah dewasa, bisa mengolah makanan kesukaan sendiri tanpa bergantung kepada ibu.

3) Menonton film

Menimbang harga tiket yang mahal saat weekend, anda sekeluarga bisa menonton film lewat tv layar lebar. Dimana nontonnya?
Kan ada streaming film berbayar.

Di sana terkumpul ribuan judul film yang siap memanjakan mata.

Misalnya mau menonton film terbaru yang sudah dinanti sejak lama, duduk bersama menikmati serunya adegan film pastinya menjadi pengalaman yang menarik.
Biaya langganan sebulan tidak mahal jika dibandingkan membeli tiket bioskop sekali nonton untuk semua keluarga.

Apalagi tv-nya sudah layar besar, di atas 40 inchi, tidak kalah menegangkan dibanding bioskop. Ditambah gelegaran suara dari speaker eksternal yang menghadikan kepuasan tersendiri.

4) Memesan makanan untuk semua

Karena weekend, semua pada malas keluar ataupun memasak. Masalah tidak?
Tidak dong!!
Sekarang sudah ada layanan antar makanan online.

Lewat aplikasi, pesan makanan kesukaan dan tunggu abangnya mengetuk pintu rumah membawakan olahan favorit semua keluarga.
Mudah sekali kan?

Sesekali tidak masalah dong membeli makanan online.
Mumpung libur, semua keluarga bisa menikmatinya.

Sembari mengobrol kesana kemari, bercerita pengalaman seru beberapa hari kemarin, saling dukung untuk kendala yang dihadapi bahkan bisa memberikan solusi.
Menarik ya?

Dari aktivitas santai-santai ini kadang kunci permasalahan ketemu, kita mendapatkan semangat baru ataupun bertambah akrab satu sama lain.
Jangan lewatkan acara makan bersama ya!!

5) Membuat proyek kerajinan tangan

Kerajinan tangan bersifat fun/gembira. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan rumit yang susah diperoleh. Kertas tidak terpakai bisa dimanfaatkan membuat berbagai benda menarik.

Misalnya :

  • Membuat bunga
  • Membuat hewan
  • Membuat keranjang kecil
  • Menghasilkan kotak pensil
  • Hiasan kamar
  • Karakter favorit dan lainnya.

Jika anak-anak masih kecil, pastinya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Mereka mendapatkan pengetahuan bahkan semangat baru dalam belajar.
Siapa tahu lewat kerajinan ia lebih kreatif dan produktif.

6) Membaca buku

Kebiasaan membaca buku sangat baik, karena mampu menambah pengetahuan. Pengetahuan tidak datang hanya dari buku pelajaran, sumber bacaan lain bisa menjadi ladang pengetahuan baru.
Koran atau majalah juga bagus lho.

Ajaklah si kecil duduk membaca, carikan bacaan yang pas untuknya.

Dari buku pikirannya terbuka dan menyerap hal baru yang belum pernah singgah di pikirannya. Jika bingung, pasti ia melontarkan pertanyaan. Nah, di sinilah peran orang tua untuk membimbing dan memberikan pemahaman yang baik.

Membaca buku bersama menjadi kegiatan menarik yang bisa menambah keakraban anggota keluarga. Sering berkumpul membuat anda tambah dekat dengan mereka.

7) Asah kemampuan dengan kamera

Kamera sudah ada dimana-mana dan setiap hari kita menggenggamnya. Nah, bergaya bersama mengabadikan memori menjadi aktivitas menarik.
Mencoba berbagai pose sampai ketemu yang terbaik.

Kalau punya kamera mirrorless atau dslr, lebih bagus.

Anggota keluarga bisa dijadikan objek foto sambil mengasah kemampuan. Hasilnya bisa dicetak ataupun dibagikan di media sosial.

Membuat liburan yang menyenangkan

Liburan memang harus diisi dengan aktivitas menyenangkan yang membuat pikiran teralihkan dari jerat beban rutinitas pekerjaan. Kalaupun harus menuntaskan tugas, usahakan istirahat lebih banyak. Sempatkan bersenda gurau dengan keluarga.

Siapa tahu anda mendapatkan suntikan semangat.

Jangan lupa, keluarga sangat penting. Setelah beberapa hari menenggelamkan diri dengan pekerjaan, di hari libur lebih baik bersama mereka.
Walaupun satu jam atau dua jam, itu sudah cukup.

Lain kali kalau ada waktu luang dan dana lebih, ajak mereka jalan-jalan keluar rumah. Misalnya mengunjungi tempat wisata ataupun makan di rumah makan.
Liburan juga harus bervariasi, biar tidak di rumah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.