Jenis Bahan Baku Pembuatan Pakaian

Jenis Bahan Baku Pembuatan Pakaian

Pakaian yang dikenakan setiap hari terbuat dari beberapa bahan, mulai dari yang alami sampai buatan. Apa yang teringat ketika memikirkan bahan utama pembuatan pakaian?

Beberapa bahan baku sudah diwariskan oleh nenek moyang, untuk diolah menjadi kain dan pakaian. Tetapi ada juga beberapa bahan yang ditemukan setelah minyak bumi semakin populer.
Penasaran dengan bahan tersebut?

Bahan baku pembuatan pakaian

Bahan baku utama pembuatan kain atau pakaian, secara garis besar digolongkan menjadi dua, yaitu bahan alami dan buatan.

1 Kapas

Nah…
Inilah bahan baku pakaian yang umum dikenal. Kapas sudah dimanfaatkan sejak jaman dulu untuk membuat berbagai macam pakaian.

Bahan ini dihasilkan oleh tanaman kapas dan dikelola dalam lahan yang sangat luas. Tanaman ini menghasilkan serat berwarna putih yang bentuknya membulat.

Dengan pengolahan lebih lanjut, serat-serat ini dijalin menjadi benang yang selanjutnya digunakan untuk membuat berbagai macam kain.

2 Sutra

Sutra termasuk ke dalam kain berkelas premium, harganya lebih mahal dari kain berbahan baku kapas. Ciri khususnya adalah bahannya sangat halus, kuat dan berkilau.

Proses pembuatan sutra terbilang rumit dan panjang. Sebelum menjadi kain, ulat khusus harus diternak dan dipelihara. Ulat ini menghasilkan kepompong yang kemudian diolah menjadi benang.
Selanjutnya benang ditenun menjadi kain.

3 Wol

Kain wol dihasilkan dari bulu domba. Ketika bulunya lebat, domba di cukur dan dikumpulkan untuk diolah menjadi benang dan selanjutnya ditenun menjadi kain.

Wol menjadi kain yang banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan, seperti tahan lama, bisa didaur ulang, lembut di kulit dan kualitasnya yang baik.

Kain ini dimanfaatkan secara luas untuk membuat jaket, membantu mereka yang hidup di daerah empat musim bertahan menghadapi dinginnya musim salju.
Badan tetap hangat dan terhindar dari tusukan tajam udara dingin.

4 Nilon

Nilon merupakan kain yang terbuat bukan dari bahan alam, kain ini dihasilkan dari minyak bumi. Nilon banyak dimanfaatkan untuk membuat pakaian renang karena sifatnya yang tidak mudah menyerap air dan elastis.

Karena sifatnya yang anti air, nilon juga sering diaplikasikan untuk membuat payung, jas hujan ataupun atap tenda.

5 Polyester

Polyester merupakan jenis kain yang dihasilkan dari minyak bumi, tetapi dicampuri dengan bahan-bahan kimia yang sudah dipilih.
Bagi yang kulitnya sensitif, bisa merasakan ketidaknyamanan akibat adanya zat kimia dalam campuran kain ini.

Nah itulah beberapa jenis kain yang umum digunakan untuk membuat pakaian di jaman modern. Secara umum sumber kain ada dua, yaitu alami dan buatan.
Untuk yang alami contohnya kapas, sutra dan wol. Sedangkan yang buatan contohnya nilon dan polyester.



Leave a Reply

Your email address will not be published.