Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Siapa yang tidak senang sehat? Sehat itu anugrah, berkat kesehatan kita bisa bekerja dan beraktivitas dengan lancar tanpa kendala.

Apa yang terjadi kalau sakit?
Aktivitas tidak nyaman, kurang tenaga dan malas beranjak dari tempat tidur. Semangat hidup meredup gara-gara kesehatan terganggu.

Karena itu, kita perlu menjaga kesehatan. Jangan sepelekan dan diabaikan.

Cara menjaga kesehatan

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan guna mendapatkan badan yang sehat serta jiwa yang penuh semangat. Bahkan diantaranya sangat mudah dilakukan.
Apa saja itu?

1 Olahraga teratur

Mereka yang kebanyakan duduk bekerja, perlu melakukan olahraga setiap hari. Ketika baru bangun tidur, gerakkan badan, lari-lari ringan di depan rumah ataupun menggunakan treadmill.
Olahraga membuat badan lebih bugar dan pikiran lebih enteng.

Kalau punya waktu lebih, bisa lari di lapangan, ikut senam dan olahraga ringan lainnya. Lari menjadi pilihan mudah, karena bisa dilakukan di manapun.

Olahraga mampu membakar kalori berlebih dan menghilangkan lemak. Badan lebih ramping, aliran darah lebih lancar dan kitapun lebih sehat.

2 Makan makanan sehat

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi seimbang, tidak kurang tidak lebih. Kebutuhan karbohidrat cukup, vitaminnya ada, proteinnya pas dan lemaknya tidak berlebih.
Serat juga harus ada.

Sayuran sangat dianjurkan, karena mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupakan buah, karena memiliki antioksidan yang baik dan mampu menangkal radikal bebas.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui asupan harian yang baik dan sesuai dengan kondisi tubuh saat ini.

3 Tidak bergadang

Tubuh memerlukan istirahat delapan jam sehari dan itu diperoleh ketika tidur saat malam. Istirahat malam membuat tubuh mendapatkan energinya lagi dan bisa diajak kerja di esok harinya.

Jika kurang dari delapan jam, tubuh kurang bugar. Ini terjadi jika bergadang sampai larut bahkan subuh. Ketika bangun di pagi harinya, badan tidak fit dan lemas.
Bahkan sering diikuti sakit kepala.

Karena itu bergadang harus dihindari.

Kalau sudah malam, berikan tubuh istirahat. Rebahkan badan di kasur dan pejamkan mata. Ketika istirahat cukup, bangun pagi lebih menyenangkan dan badan terasa enak.

4 Hindari stress berlebih

Memikirkan hal-hal negatif yang belum terjadi berpotensi menimbulkan stress. Stress membangkitkan rasa cemas, cemas membuat kita menghindari makan, susah tidur, dan akhirnya menggerogoti kesehatan.

Bagaimana dengan stress pekerjaan?
Bekerja memang menghadirkan level stress yang berbeda. Stress manager pasti berbeda dengan bawahan, mengingat manager harus memikirkan banyak hal.

Tetapi, jika bisa mengatur dan mengelola stress, mereka bisa hidup dengan lebih tenang.

Bagaimana mengatur stress?
Ketika ada masalah, ajaklah orang lain untuk diskusi. Cari penyelesaian yang tepat. Saran dari orang lain mampu meringankan beban dan akhirnya mengurangi penat di kepala.

5 Minum air yang cukup

Kita disarankan minum air delapan gelas per hari. Namun jika aktivitasnya berat dan menguras keringat, air yang diperlukan bisa lebih.

Intinya, tubuh jangan sampai dehidrasi atau kekurangan cairan. Berikan asupan cairan yang cukup sehingga kita terhindar dan gangguan kesehatan.

6 Pakai pakaian bersih

Ini tidak kalah pentingnya, kadang ada yang malas mencuci pakaiannya yang sudah dipakai beberapa kali. Hasilnya apa? Bau.
Orang di sekitar tidak merasa nyaman.

Menggunakan pakaian bersih mampu menjaga kesehatan kulit. Kalau bermasalah, kulit terasa gatal ataupun mengalami gangguan lain.
Tidak mau kan kalau kulitnya tercoreng gara-gara malas menggunakan pakaian bersih?

7 Mandi teratur

Tidak hanya dari dalam, kita juga harus menjaga kesehatan badan dari luar. Salah satunya dengan mandi teratur, dua kali sehari saat pagi dan sore.

Mandi dengan sabun mampu mengusir kotoran dan bakteri jahat yang melekat di kulit, akhirnya kitapun terhindar dari penyakit.

Ok…
Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Ketika tubuh sehat, aktivitas lancar, hati pun senang dan penuh semangat.

Hidup menjadi lebih ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published.